I made this widget at MyFlashFetish.com.

Rabu, 26 September 2012

Pengaman Sepeda Motor !

SUMBER : http://merpati-electronic.blogspot.com/


Apakah anda pernah kehilangan sepeda motor hanya karena hal sepele ???
Misalnya: Saat parkir lupa mencopot Kunci Kontak dan akhirnya sepeda motor anda amblas dibawa lari orang !
Inilah solusinya: buat sendiri “Pengaman Sepeda Motor”...sederhana-murah-mudah dirakit dan tentu saja sangat bermanfaat !
Klik dulu foto skema dan pahami sampai habis keterangan dibawah ini.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Ali(Siper) Tambak Sawah-Waru-Sidoarjo, temanku saat saya bekerja di Huda Electronic Surabaya dulu, yang rela Sepeda Motornya Tiger 2000 (masih baru) di obok-obok hanya karena rangkaian ini !!!
Sebelum anda merakitnya ada satu syarat yaitu: punya sepeda motor dan Aki(Accu)nya masih normal !
Keterangan:
*Prinsip Dasar cara kerja rangkaian ini adalah MMV(Monostable Multivibrator=Penggetar Ganda Tidak Stabil) saklar sentuh jari (Touch).
*Mematikan fungsi trigger(penyulut) pengapian yaitu CDI atau Pulser.
*Setelah Kunci Kontak On dan belum disentuh, kalau motor distarter baik secara Electric ataupun Manual mesin tidak mungkin bisa hidup, karena Relai kondisi Off dan jalur CDI/Pulser masih short/konslet ke Ground(Massa/Body).
Proses:
1. Buat rangkaian seperti skema diatas. Semua komponen usahakan rapat, Relai dibawah dan R,Tr dan lain-lain diatas PCB, cukup ukuran 2x3 cm.
2. Titik A adalah titik sentuh, beri kabel secukupnya tergantung penempatan anda dan ujung kabel sembunyikan sesuai selera, biasanya di Dashboard plastik dekat Stang sebelah kiri, usahakan sekecil mungkin agar tidak diketahui orang lain !
3. Titik Out sambungkan ke kabel CDI disekitar kunci kontak atau Pulser.
4. Led kontrol tempatkan di panel sekitar Speedometer agar mudah dilihat, setalah kunci kontak On dan titik A disentuh Relai bekerja dan Led akan menyala, sepeda motor bisa di starter !
Nilai komponen:
R1=220k, R2=1k, R3=2k2, Q1=Tr 9012, Q2=Tr 9013/14, RE=Relay 12v...
NB: Setelah sentuh sekali Relai berfungsi dan sentuh berikutnya tidak akan berfungsi kecuali kunci kontak ke posisi Off = Relai juga Off !!!
Silahkan dicoba semoga bermanfaat !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar