I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kamis, 03 Januari 2013

CARA MASANG SWITCHING GACUN

Tentunya sudah tidak asing lagi mendengar regulator astelo / gacun yang sangat serbaguna, dengan bentuk modul switching yang kecil dan sangat mudah dalam pemasangan serta dapat digunakan sebagai pengganti system switching regulator berbagai macam barang elektronika seperti :
- Tv
- Monitor Komputer
- Dvd / Vcd
- Dvb / Receiver parabola
- Printer dll.

cara pemasangan :
- Matikan system Oscilator rangkaian yang akan diganti, dengan cara memutuskan jalur dari tarfo yang menuju kolektor Transistor, Fet atau STR dan semua pin pada bagian primer trafo yang menuju Oscilator.
- Kabel berwarna merah pada modul switching sambungkan ke pin trafo yang menuju jalur kolektor yang telah diputus.
- Kabel berwarna hitam sambungkan ke pin emitor / ground primer switching.
- Kabel bewarna biru bisa disambungkan langsung pada pin no. 4 fotocoupler (yang terlebih dahulu jalur diputus dan pin no. 3 fotocoupler digroundkan) namun jarang sekali system fotocoupler ini bisa bekerja dengan benar maka bisa juga kabel biru dibiarkan saja / tidak dihubungkan sama sekali
- setelah pemasangan selesai ada baiknya jalur output B+ dilepas / dipotong terlebih dahulu untuk menyesuaikan besar tegangan yang dibutuhkan dengan cara memutar trimpot yang sudah tersedia pada modul switching.

Contoh pemasangan pada berbagai macam jenis regulator diantaranya
- Regulator yang menggunakan STR
- Regulator yang menggunakan FET
- Regulator yang menggunakan Transistor











dalam pemasangan modul switching pada regulator yang perlu diperhatikan adalah rangkaian RC harus disesuaikan dengan karakter modul, nilai Resistor 22 - 47 ohm (5Watt) dan Capasitor 470 - 1000pf  (1KV - 2KV),
sebagai tambahan untuk menghindari panas berlebih / overheat dan menjaga ketahanan modul, bisa dilakuakn pemasangan diatas spec modul misal Tv 21" pasang modul 25", 25" pasang modul 29" dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar